Sabtu, 05 September 2015

Kunjungan Dewan Jendral SCJ


Dalam rangka liburan ke Indonesia dan untuk bertemu dengan para misionaris China, Rm. Paulus Sugino SCJ, juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan anggota Komunitas Skolastikat SCJ Yogyakarta pada, Selasa (25/8) di Aula Skolastikat SCJ Yogyakarta. Tujuan dari pertemuan ini sosialisai hasil kapitel Jenderal SCJ serta berbagai informasi dari kuria Jenderalat SCJ di Roma.



Anggota dewan jenderal asli dari Yogya ini mensharingkan usahanya untuk saling mengenal bersama anggota dewan jenderalat  yang lain, dengan menceritakan kondisi keluarganya masing-masing. Mereka juga berusaha membangun habitus doa untuk membangun kesatuan (Sint Unum) dan kebersamaan dalam komunitas Dewan Jenderalat. “Sampai saat ini memang kami masing belum rapat untuk mengolah keputusan dalam Kapitel Jendral, namun masing-masing dari kami sudah mulai memilah-milah bahan untuk nantinya dirumuskan bersama” tutur Romo yang gemar makan pedas ini.



Rm. Gino, demikian panggilan akrabnya, juga mengatakan bahwa para anggota Dewan Jenderal akan ditugaskan untuk mendampingi entitas-entintas, misalnya Rm. Gino akan mendampingi Entitas Asia. Usaha ini dilakukan untuk menggerakan setiap entitas agar tetap semangat dan bertahan serta semakin berkembang baik dalam jumlah maupun kualitasnya. Keterbukaan menerima anggota dari entitas lain untuk berkarya juga dapat menambah semangat Internasionalitas dan menganimasi kehidupan bersama yang semakin hidup.



Berkaitan dengan kebutuhan Gereja, Romo yang terpilih kedua kali sebagai anggota dewan ini menjelaskan bahwa saat ini perkembangan imam-imam Diosesan sudah mulai banyak, maka, sebagai SCJ juga tidak lagi berorientasi pada karya parokial namun perlu memikirkan karya-karya bersifat kategorial. Beliau juga berpesan bagi para SCJ muda, supaya menanamkan semangat siap sedia dalam diri sejak sekarang,  dikarenakan terbuka kemungkinan untuk bergabung dalam misi Internasional dimanapun. “Nilai Ecce Venio (semangat siap sedia) juga sangat diperlukan dalam menyiapkan diri dalam tugas perutusan” ungkapnya. Beliau juga menambahkan, bahwa kehadiran SCJ Indonesia dalam dunia Internasional juga diperhitungkan, maka peranan SCJ Indonesia juga sangat membantu dalam perkembangan Kongregasi kedepannya.











Fr. Maxi Leo, SCJ (Skolatik dari Komunitas Skolastikat SCJ Yogyakarta Km 7,5)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar